Minggu, 28 April 2013

Apa itu GUI ?


A.    Apa Itu GUI ? 
 


GUI singkatan dari Graphical User Interface adalah nama generik untuk semua interface komputer yang menggunakan grafis, jendela (window), icon, dan alat penunjuk (pointing device) menggantikan interface dengan karakter murni (command line).

GUI kali pertama dikembangkan oleh Xerox, dan kali pertama digunakan pada komputer Mac OS.

 





 
B.    Kelebihan GUI :
 
1.         Desain Grafis lebih menarik.

2.         GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.

3.         Memudahkan pengguna.

4.         Menarik minat pengguna.

5.         Resolusi gambar yang tinggi.



      Kekurangan GUI :


1.         Memakan memory yang sangat besar.

2.         Bergantung pada perangkat keras.

3.         Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.

4.         Tidak fleksibel.


C.     Pengembangan Aplikasi dengan GUI


PENGEMBANGAN APLIKASI GUI MENGGUNAKAN PHP DAN GAMBAR

Data statistik menunjukkan bahwasanya tidak kurang dari 40% aplikasi web dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Hal tersebut memperlihatkan dominasi PHP pada dunia pengembangan aplikasi web. Pada kenyataannya, PHP adalah bahasa pemrograman yang sangat handal yang dapat melakukan banyak hal selain mengolah halaman-halaman web.

Mungkin masih banyak di antara kita yang belum mengetahui bahwasanya selain digunakan untuk membangun aplikasi web, PHP dapat pula digunakan untuk membangun aplikasi GUI (Graphical User Interface). Hal tersebut sangatlah wajar mengingat belum populernya penggunaan PHP untuk membangun aplikasi GUI. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai pembangunan aplikasi GUI dengan menggunakan gambArt yang merupakan produk dari proyek open source karya developer Indonesia.


PHP dan Aplikasi GUI

Saat ini kita dapat menemukan beberapa solusi yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi GUI dengan menggunakan PHP. Solusi yang ada dan cukup banyak dikenal saat ini adalah: PHP-GTK, WinBinder, dan PHP-QT.

Sayangnya, walaupun solusi untuk pembangunan aplikasi GUI menggunakan PHP sudah tersedia, kita masih “belum” dapat menemukan aplikasi GUI komersial berskala enterprise yang dibangun dengan menggunakan PHP. Mengapa hal ini bisa terjadi? Beberapa penyebab yang mendasari minimnya penggunaan PHP dalam pembangunan aplikasi GUI adalah sebagai berikut :

· Belum mature-nya solusi yang ada. Hal ini menyebabkan developer enggan untuk menggunakan PHP untuk membangun aplikasi GUI komersial

·  Perkembangan dari solusi-solusi tersebut masih kurang cepat

·  Tingkat kesulitan pembangunan aplikasi GUI menggunakan PHP masih relatif tinggi

·  Kemampuan yang dimiliki PHP untuk pembangunan aplikasi GUI masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain yang sudah lebih dahulu digunakan untuk pembangunan aplikasi GUI, misalnya Java, C# dan C++

·         Serta berbagai alasan lainnya

Untuk menjawab berbagai masalah tersebut di atas, saat ini tengah dikembangkan sebuah solusi baru untuk membantu pembangunan aplikasi GUI menggunakan PHP. Solusi baru tersebut adalah Klorofil Platform. Klorofil Platform dibangun oleh suatu komunitas yang bernama Klorofil Collaboration Project atau dikenal juga dengan nama Klorofil. Di dalam Klorofil Platform terdapat sebuah GUI framework yang bernama gambArt. GUI framework inilah yang dapat kita gunakan untuk membangun aplikasi GUI menggunakan PHP.


KESIMPULAN :
Gui adalah singkatan dari Graphical User Interface, digunakan untuk membuat tampilan di layar komputer yang berbentuk grafis. GUI berbeda dengan teknologi komputer dimasa lalu. Komputer jaman dahulu tampilan hanya sebatas teks. Keunggulan GUI teknologi GUI ini adalah kita/user dapat menjalankan komputer dan instruksi-instruksi hanya dengan menekan mouse (klik).

SUMBER :

2 komentar:

  1. ini dia artikel yang saya cari, lengkap sekali mba penjelasan mengenai Graphical User Interface atau biasa di sebut GUI, terima kasih ya mba telah berbagi ilmunya... sangat bermanfaat... ^^

    BalasHapus
  2. bagus juga nih artikelnya. makasih ya

    BalasHapus

Followers