Minggu, 28 Oktober 2012

SUMPAH PEMUDA

Assalamualaikum..

Khusus hari ini saya sengaja bangun pagi-pagi buat nulis blog tentang sumpah pemuda. Coba disimak


Hari sumpah pemuda jatuh pada tanggal 28 Oktober. Hari istimewa dalam sejarah kebangkitan pemuda Indonesia. Hari pengikraran seluruh pemuda Indonesia untuk bersatu mempertahankan kemerdekaan dari penjajah. Semangat pemuda saat itu, menjadi bukti sejarah dalam kekuatan pemuda untuk kedaulatan Republik Indonesia. Namun, masih adakah semangat itu di tubuh para pemuda saat ini?
Berapa banyak pemuda yang ingat tanggal hari sumpah pemuda ? isi sumpah pemuda ? . dan yakin ga banyak yang tau kalau lagu Indonesia Raya yang biasa kita nyanyiin tiap upacara dan hari Kemerdekaan itu diciptakan oleh W.R. Soepratman . dan pertama kali diperdengarkan pada hari sumpah pemuda .
WR. Soepratman




Gimana ga pada lupa, ditengah arus globalisasi yang udah deras dan seakan ga ada filter untuk membatasi globalisasi itu sendiri. Para generasi muda sekarang lebih seneng  fb seharian dibanding baca buku , lebih seneng ngomong cius ? miapah ? dibanding ngomong dengan bahasa yang KBBI . mau dibilang apa coba

SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Djakarta, 28 Oktober 1928

Teks Soempah Pemoeda dibacakan pada waktu Kongres Pemoeda yang diadakan di Waltervreden (sekarang Jakarta) pada tanggal 27 - 28 Oktober 1928 1928.

MAKNA SOEMPAH PEMOEDA 
Satu tumpah darah

Tumpah darah adalah sebutan lain untuk tanah kelahiran. Ikrar satu tumpah darah menggambarkan indonesia adalah satu negara yang untuh, walaupun terpisah – pisah berbagai pulau. Walaupun terpisah lautan tetapi tidak di anggap sebagai pemisah, tapi dianggap sebagai pemersatu. Maksud dari satu tumpah darah adalah satu tanah air indonesia.

Satu bangsa

Bangsa adalah sekumpulan masyarakat yang hidup di suatu wilayah, dah mereka berada di bawah satu pemerintahan. Pada saat belum terbentuknya sumpah pemuda.indonesia ingin membentuk bangsa sendiri – sendiri. Ada bangsa jawa,bangsa sunda, bangsa aceh, bangsa sualwesi, bangsa maluku, dan sebagainya.dengan ikrar satu bangsa maka tidak ada perbedaan antara bangsa satu dengan yang lain dan menjadi satu bangsa indonesia

Satu bahasa

Indonesia memiliki banyak bahasa daerah yang sering di sebut bahasa daerah atau logat daerah. Di setiap suku memiliki bahasa sendiri – sendiri. Dengan terbentuknya sumpah pemuda ditetapkan bahas apersatuan bahasa indonesia, yang tidak di ambil dari salah satu suku ataupun bahasa daerah yang ada di indonesia.

Tokoh Sumpah Pemuda

Moehammad Yamin

Prof. Moehammad Yamin, SH lahir di Sawahlunto, 24 Agustus 1903. Dalam Kongres Pemuda II, beliau mewakili pemuda Sumatra. Beliau adalah seorang sastrawan. Beliau lebih dikenal sebagai penulis puisi. Setelah Indonesia merdeka, beliau menempati jabatan penting. Beliau wafat di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 1962. Beliau di makamkan di tanah kelahirannya, Sawahlunto, Sumatra Barat
 

Soenario
Prof. Mr. Soenario lahir di Madiun, 28 Agustus 1902. Beliau termasuk pemuda terpelajar. Beliau belajar di Belanda dengan biaya sendiri. Sepulangnya ke Indonesia, beliau memperjuangkan kemerdekaan.
Dalam Kongres Pemuda II, beliau mewakili Jong Java. Dalam kongres tersebut, beliau berpidato tentang persatuan pemuda.
    

Mr. Amir Syarifuddin

Mr. Amir Syarifuddin lahir pada tanggal 27 April 1907 di Medan, Sumatera Utara. Beliau berasal dari keluarga Batak. Beliau salah satu tokoh pergerakan pemuda Indonesia. Pada Kongres Pemuda II, Mr Amir Syarifuddin mewakili Jong Batak.


Panitia Kongres Pemoeda terdiri dari :

Ketua : Soegondo Djojopoespito (PPPI)
Wakil Ketua : R.M. Djoko Marsaid (Jong Java)
Sekretaris : Mohammad Jamin (Jong Sumateranen Bond)
Bendahara : Amir Sjarifuddin (Jong Bataks Bond)
Pembantu I : Djohan Mohammad Tjai (Jong Islamieten Bond)
Pembantu II : R. Katja Soengkana (Pemoeda Indonesia)
Pembantu III : Senduk (Jong Celebes)
Pembantu IV : Johanes Leimena (yong Ambon)
Pembantu V : Rochjani Soe'oed (Pemoeda Kaoem Betawi)

Sumber :



1 komentar:

Followers