Sabtu, 02 Juni 2012

Masih Jaman Ngerokok ?


Assalamualaikum ..
Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 31 mei adalah hari tanpa rokok sedunia . kayaknya ngebahas bahaya rokok dan embel-embelnya berasa udah basi, udah sering bener denger ataupun baca para aktivis mahasiswa yang kampanye tentang bahaya rokok sampe organisasi sebesar WHO pun gencar mengkampanyekannya. Di negara kita sendiri, INDONESIA tercinta udah berkoar koar buat mempersempit para perokok ini untuk tidak merokok di tempat umum. Tapi coba apa hasilnya ? tetep aja rokok – rokok berkeliaran dengan bebas , malah anak kecil yang usianya baru 3 tahun udah jadi perokok aktif.  Yuk, simak apa aja yang bisa dilakukan oleh benda berbentuk silinder kecil ini ?



APA ITU ROKOK ?
Seperti yang tadi saya bilang rokok adalah benda berbentuk silinder kecil yang dalamnya berisi tembakau yang telah di campur dengan bahan-bahan lain. Lebih tepatnya sih rokok itu produk yang berbahaya & adiktif (menimbulkan ketergantungan) karena didalam rokok terdapat 4000 bahan kimia berbahaya yang 69 diantaranya merupakan zat karsinogenik (dapat menimbulkan kanker). Zat-zat berbahaya yang terkandung didalam rokok antara lain : tar, karbon monoksida, sianida, arsen, formalin, nitrosamine dll. Ngeri gak tuh ?. 

APA YANG MENYEBABKAN ROKOK BAHAYA ?
Bahan kimia dalam rokok bisa mengurangi oksigen ke jantung sehingga menimbulkan rasa lelah, terutama dalam aktivitas fisik. Serta merusak sel-sel dalam arteri dan pembuluh darah dari waktu ke waktu, yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.
Menurut penelitian seseorang yang menghisap rokok setiap hari dapat meningkatkan resiko terkena kanker laring, paru-paru, kerongkongan, rongga mulut, gangguan pembuluh darah, gangguan kehamilan dan sakit jantung. Menurut riset seseorang yang secara rutin merokok 3 hingga 4 batang sehari, delapan kali lebih beresiko terkena kanker mulut jika dibandingkan orang yang tidak merokok. Bahkan hasil terbaru menunjukkan bahwa dalam perkembangannya merokok akan mengakibatkan kanker pankreas.
Setiap tahun frekuensi penderita penyakit kronis akibat rokok semakin meningkat. Meskipun banyak riset dan bukti otentik bahwa merokok ibarat bom waktu yang bisa merusak kesehatan. Ini dikarenakan rokok memunculkan rasa kecanduan. Di dalam rokok terkandung sebuah zat yang bernama nikotin. Zat ini bisa menimbulkan efek santai dan inilah yang membuat kebiasaan merokok sulit untuk ditinggalkan.
Berikut fakta tentang rokok :
  • Asap Rokok mengandung 40 bahan kimia penyebab kanker, dan penyakit lainnya.
  • Ketika merokok,beberapa bahan kimia akan menjelajah ke organ vital tubuh .
  • Asap rokok juga mengandung Karbon Monoksida yang jika dihirup akan menggantikan fungsi Oksigen di sel – sel darah dan mengambil zat makanan dari jantung, otak, dan organ tubuh lain.
  • Di dalam rokok terdapat Nikotin. Nikotin ngerangsang zat kimia di otak yang mengakibatkan kecanduan. Zat kimia ini merangsang kelenjar adrenalin untuk memproduksi hormon yang mengganggu jantung akibat tekanan darah dan denyut jantung meningkat.
Sebenernya sih di beberapa negara di ASEAN sudah mulai melakukan gerakan anti rokok, misalnya dengan cara memberikan GAMBAR bahaya rokok pada BUNGKUS ROKOK, dan di beberapa negara juga rokok itu udah jadi barang yang mahal yang Cuma bisa dibeli sama orang-orang kaya. Hal itu dilakukan agar para perokok berpikir dua kali kalo mau merokok. Sedangkan di negara kita rokok bisa dibeli dengan harga murah, yah saya tidak perlu menyebutkan harganya kalian tahu lah . 

DAMPAK ROKOK BAGI TUBUH APA AJA ?
1.   Penyakit Jantung
Rokok menimbulkkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Kondisi ini merupakan penumpukan zat lemak di arteri, lemak dan plak memblok aliran darah dan membuat penyempitan pembuluh darah. Hal  ini menyebabkan penyakit jantung.
Jantunh harus bekerja lebih keras dan tekanan ekstra dapat menyebabkan angina atau nyeri dada. Jika satu arteri atau lebih menjadi benar-benar terblokir, serangan jantung bisa terjadi.
Semakin banyak rokok yang dihisap dan semakin lama seseorang merokok, semakin BESAR KRSEMPATANNYA MENGEMBANGKAN PENYAKIT JANTUNG atau menderita serangan jantung atau stroke.

2.   Penyakit Paru
Resiko terkena pneumonia, emfisema dan bronkitis kronis menigkat karena merokok. Penyakit ini sering disebut sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).
Penyakit paru-paru ini dapat berlangsung dan bertambah buruk dari waktu ke waktu sampai orang tersebut akhirnya meninggal karena kondisi tersebut. Orang-orang berumur 40 tahun bisa mendapatkan emfisema atau bronkitis, tapi gejala biasanya akan jauh lebih buruk di kemudian hari, menurut American Cancer Society.

3.   Kanker Paru dan Kanker lainnya
Kanker paru-paru sudah lama dikaitkan dengan bahaya rokok, yang juga dapat menyebabkan terhadap kanker lain seperti mulut, kotak suara atau laring, tenggorokan dan kerongkongan. Merokok juga dikaitkan dengan kanker ginjal, kandung kemih, perut pankreas, leher rahim dan kanker darah (leukimia).

4.   Diabetes
Merokok meningkatkan resiko terjadinya diabetes, menurut Cleveland Clinic. Rokok jugabisa menyebabkan komplikasi dari diabetes,seperti penyakit mata, penyakit jantung, stroke, penyakit pembuluh darah, penyakit ginjal dan masalah kaki.

5.   Impotensi
Rokok merupakan faktor resiko utama untuk penyakit pembuluh darah perifer, yang mempersempit pembuluh darah yang membawa darah ke seluruh bagian tubuh. Karena  pembuluh darah yang mengecil maka mengakibatkan disfungsi ereksi atau impoten.

6.   Menimbulkan Kebuataan
Seseorang yang merokok menimbulkan meningkatnya resiko degenerasi makula yaitu penyabab kebutaan yang dialami orang tua. Dalam studi yang diterbitkan dalam ‘Archives of Ophthalmology’ pada tahun 2007 menemukan yaitu orang merokok empat kali lebih mungkin dibanding orang yang bukan perokok untuk mengembangkan degenerasi makula, yang merusak makula, pusat retina, dan menghancurkan penglihatan sentral tajam.

7.   Penyakit Mulut
Penyakit mulut yang disebabkan oleh rokok antara lain kanker mulut, kanker leher, penyakit gigi,penyakit pada gigi dan nafas.
Selain dampak yang ditimbulkan rokok diatas masih banyak lagi masalah yang timbul karna rokok seperti :
  • Perokok mempunyai fungsi paru-paru yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok.
  • Merokok mengurangi pertumbuhan paru-paru.
  • Pada orang dewasa, penyakit yang disebabkan oleh rokok adalah penyakit jantung & stroke. Penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut juga mulai terlihat pada remaja yang menggunakan rokok.
  • Merokok dapat menurunkan performa & daya tahan tubuh para remaja, bahkan pada remaja yang aktif berolahraga.
  • Secara rata-rata, orang yang merokok 1 bungkus atau lebih setiap harinya berkurang hidupnya selama 7 tahun dibandingkan orang yang tidak merokok.
  • Merokok sejak usia dini akan meningkatkan resiko untuk terkena kanker paru-paru. Untuk penyakit lain karena rokok maka resikonya juga akan semakin meningkat apabila terus merokok.
  • Remaja yang menggunakan rokok mempunyai kemungkinan 3x lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak merokok untuk menggunakan alkohol, 8x lebih banyak untuk menghisap ganja serta 22x lebih banyak untuk menggunakan kokain. Merokok juga sering dihubungkan dengan terjadinya kelakukan beresiko lain seperti berkelahi ataupun melakukan hubungan seksual secara dini. Bahaya merokok pada remaja dengan kata lain memberi efek buruk lebih dini.
MAU TAU LEBIH JELAS BAHAYA ROKOK (GAMBAR) ?




PENGEN BERHENTI MEROKOK ?
Banyak cara agar bisa berhenti merokok. Tahapan pertama dan terpenting adalah niat yang besar serta sungguh-sungguh ingin berhenti merokok. Tanpa niat yang besar mustahil seseorang bisa berhenti merokok. Banyak mengaku diri perokok berat dan mengakui bahwa tekad mereka sangat besar untuk berhenti merokok. Namun ketika mereka keluar dan berkumpul kembali dengan teman-temannya yang merokok, keinginan itu muncul kembali. Inilah kenapa niat dan tekad itu yang paling penting ketika Anda ingin benar-benar berhenti merokok.
1.     Niat yang sungguh – sungguh untuk berhenti merokok.
2.     Belajar membenci rokok
3.     Bergaulah dengan orang yang tidak merokok
4.     Sering-sering pergi ke tempat yang ruangannya ber-AC
5.     Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok.
6.     Jika ingin merokok, tundalah 10 menit lagi.
7.     Beritau teman dan orang terdekat kalau kita ingin berhenti merokok.
8.     Kurangi jumplah merokok sedikit demi sedikit.
9.     Hilangkan kebiasaan Bengong atau menunggu.
10.   Sering-seringlah pergi ke rumah sakit, agar tau pentingnya kesehatan.
11.   Cari pengganti rokok, misalnya permen atau gula.
12.   Coba dan coba lagi jika masih gagal.
Sebelum terlanjur, ayo mulai berhenti merokok. banyak cara agar kita bisa berhenti merokok. Tapi yang paling penting dan utama adalah ketahui bahaya merokok dan niat dengan kesungguhan hati kemudian cobalah tips-tips diatas. Jika belum berhasil, coba lagi dan lagi. 
Mungkin setelah baca panjang lebar tulisan saya ini, tidak dapat memberikan kontribusi yang besar dalam mengurangi perokok tapi setidaknya akan lebih baik jika kita mengetahui tentang BAHAYA ROKOK INI.
Kalo ada yang bilang ngerokok itu bikin gaul, have fun atau sebagainya, tapi bagi saya tetep NGEROKOK ITU GAK KEREENNN ..


sumber :
http://bikinbetah.blogspot.com/2012/05/daftar-penyakit-dari-bahaya-rokok.html
http://www.rofingi.com/2012/03/bahaya-rokok-bagi-kesehatan-dan-cara.html
http://medicastore.com/artikel/299/index.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers